Senin, 27 Oktober 2014


Siapa yang tidak kenal dengan software yang namanya sudah tidak asing lagi di dunia perpetaan yaitu ArcGIS, aplikasi ini menyediakan fitur-fitur yang lengkap untuk membuat sebuah peta, oleh karena itu hampir semua kalangan atau perusahaan-perusahaan menjadikan aplikasi ini salah satu aplikasi standar yang wajib dimiliki, tetapi untuk sebuah perusahaan mungkin tidak kesulitan mengenai masalah pembelian licensi asli dari penyedianya, tetapi untuk kalangan pribadi atau hanya sekedar untuk belajar, apakah iya kita akan membeli licensi asli dari penyedianya dengan mengeluarkan uang yang tidak sedikit ?? Oleh karena itu saya memberikan sedikit solusi untuk menikmati software yang cukup mahal ini secara free atau GRATIS.
Bagi yang berniat menggunakan aplikasi ini secara gratis dan hanya untuk sekedar belajar, saya akan berikan langkah atau cara-cara instalasi ArcGIS 10.1. Berikut langkah-langkahnya sbb:

  • Pertama Download master ArcGIS Desktop 10.1_129026.iso disini.
  • Kemudian download License Manager PreRelease dari arcgis_desktop_10.1_2891,  karena kita tidak akan menggunakan LM bawaan dari release 10.1_129026 disini.
  • Catatan, kedua link diatas di dapat setelah tongkrongin site GisArea yang khusus ngebahas ArcGIS 10.1. Jadi jika seandainya link diatas sudah tidak aktif lagi, ya harap maklum silahkan liat-liat di forum GisArea siapa tau ada t4 share yang lain.
  • Jika sebelumnya telah/pernah terdapat versi ArcGis yang lebih lawas pada kompi, maka diharuskan untuk men-uninstall secara tuntas versi arcgis dan licensenya tersebut sampai ke akar-akar registrynya. Untuk itu sangat disarankan dengan menggunakan tool CCleaner, agar tuntas dalam proses un-installnya.
  • Jika semua sudah siap, maka langkah selanjutnya yaitu melakukan instalasi License Manager PreReleasenya yaitu LM_10.1_2891, instalasi seperti lazimnya, yaitu next-next-accept-next-finishHasil instalasi LM ini akan muncul jendela ArcGIS License Server Administrator, untuk sekarang pilih saja tombol cancel, karena kita akan menginject lecense servernya terlebih dahulu.
  • Buka file service.txt yang terdapat di folder “License File” satu folder dengan License Manager Prerelease, kemudian ganti tulisan “this_host” menjadi “localhost” tanpa tanda petik seperti gambar dibawah.
service.txt yang sudah diganti menjadi localhost
  •  Kemudian replace service.txt yang terdapat pada folder hasil instalasi LM (“C:\Program Files (x86)\ArcGIS\License10.1\bin\”) tersebut dengan file
  • service.txt yang sudah kita edit tadi, dimana service.txt ini merupakan konfigurasi yang digunakan untuk mengaktifkan LM Argis Administrator, dan jika di lihat isi dari file service.txt adalah seperti berikut: 
Tampilan Service.txt yang sudah diganti menjadi localhost
  • Selanjutnya jalankan License Server Administrator dari start menu atau di alamat berikut “C:\Program Files (x86)\ArcGIS\License10.1\bin\LSAdmin.exe”. Kemudian pada window yang muncul, pada bagian “start/stop licenseservice”, klik tombol “Re-read Licenses”.
ArcGIS License Server Administrator (Start/Stop License Service)
  • Kemudian pindah ke bagian “Diagnostics”, klik tombol “diagnosa” untuk melihat log hasil diagnosanya, klik tombol “view”, maka akan muncul window Diagnosa Log Viewernya, perhatikan hasil log tersebut, pastikan tidak ada tulisan error.
ArcGIS License Server Administrator ( Diagnosa )

View Diagnosa
  • Agar mendapatkan hasil yang sempurna, silahkan ulangi lagi dari langkah nomor 6 – 7.
  • Tutup Window Arcgis License Server Administrator ini dengan mengklik tombol “OK”.
  • Silahkan logout dan login kembali, atau restart komputer anda.
  • Nah sampai disini kita telah berhasil melakukan instalasi License Manager ArcGIS 10.1, langkahselanjutnya adalah melakukan instalasi ArcGIS Desktop 10.1. Jadi silahkan jalankan aplikasi startup instalasi arcgis 10.1, kemudian klik “setup” untuk memulai install item yang diinginkan. Seperti berikut:
  • --> --> Arcgis for Desktop
    Arcgis Data Interopability for Desktop
    Arcgis Data Reviewer for Desktop
    Arcgis Workflow Manager for Desktop
Tampilan Instalasi ArcGIS
  • Proses instalasi tiaptiap item diatas seperti lazimnya proses instalasi di program windows lainnya, silahkan pilih option complete pada saat instalasi “arcgis for desktop”.

Proses Instalasi ArcGIS 10.1
    • Nah setelah semua selesai diinstalasi, maka tahapan selanjutnya adalah proses konfigurasi Arcgis Administratornya, silahkan klik “Arcgis Admninistrator” dari start menu seperti gambar beikut, dan pada window yang muncul pilih option “Advanced (arcinfo) concurent use” dan pada bagian bawahnya ganti tulisan “Not set” dengan “localhost” (tanpa tanda petik), kemudian klik tombol OK sehingga akan muncul window berikut yang menandakan arcgis desktop telah siap digunakan

    Ganti Not set dengan localhost 

    • Nah, sampai disini silahkan anda bersuka ria menggunakan Arcmap 10.1, ArcCatalog 10.1, ArcScene 10.1, dan ArcGlobe 10.1.. 
    Tampilan awal ArcMap

    • Sampai disini cara-cara instalasi ArcGIS 10.1, apabila ada yang kurang paham atau kurang mengerti tentang cara-cara instalasi ArcGIS 10.1 ini silahkan tulis komentar dibawah. SELAMAT MENCOBA .. GOOD LUCK !




    Next
    This is the most recent post.
    Previous
    Posting Lama

    2 komentar:

    1. Terimakasih,tutorialnya lengkap jelas dan works.

      BalasHapus
    2. Service komputer Panggilan


      Kami melayani jasa service komputer panggilan
      Service komputer antar/jemput. bagi anda yang
      tidak punya waktu dan tidak ingin repot repot
      bawa ke reparasi komputer silahkan Hubungi
      Kami. jika bapak atau ibu sibuk cukup Hubungi
      Kami Maka Kami akan pergi ketempat anda
      Hub : 081294209696



      Berkut ini adalah kerusakan yang biasa kami temui :

      Software :
      1 Install Ulang Windows (WinXp,Win7,Win8,Win10)
      2. Install Drivers (VGA,Sound,Printer dll)
      3. Install Games (Pes2014,Need for speed,dll)
      4. Install Software (autocad,Photoshop,Office,dll)
      5. Virus Cleaning (Trojan,Worm,Heal Data)
      6. Recovery DATA (Terformat,Terpartisi,Terdelete,dll)


      Hardware :
      1. Mati total
      2. Tidak Tampil
      3. Bunyi Bunyi
      4. BlueScreen
      5. Lemot
      6. Tidak Bisa Masuk Windows
      7. Sering Hang,Restart
      8. Installasi Lan/Wireless

      Silahkan Hubungi Kami
      081294209696
      Bilawal.rifai96@gmail.com
      Http://www.mataharikomputer.com

      BalasHapus